Fisika Dasar ( Free Downloads )

FISIKA DASAR

Fisika Dasar, Free Downloads Fisika Dasar di blog Jogja Belajar ini diposting oleh Horiq Sobarqah 2 November 2012. ( 5.0 )



Fisika Dasar


Fisika adalah ilmu yang mempelajari benda-benda serta fenomena dan keadaan yang terkait dengan benda-benda tersebut. Untuk menggambarkan suatu fenomena yang terjadi atau dialami suatu benda, maka didefinisikan berbagai besaran-besaran fisika. Besaran-besaran fisika ini misalnya panjang, jarak, massa, waktu, gaya, kecepatan, temperatur, intensitas cahaya, dan sebagainya. Terkadang nama dari besaran-besaran fisika tadi memiliki kesamaan dengan istilah yang dipakai dalam keseharian, tetapi perlu diperhatikan bahwa besaran-besaran fisika tersebut tidak selalu memiliki pengertian yang sama dengan istilah-istilah keseharian. Seperti misalnya istilah gaya, usaha, dan momentum, yang memiliki makna yang berbeda dalam keseharian atau dalam bahasa-bahasa sastra. Misalnya, “Anak itu bergaya di depan kaca”, “Ia berusaha keras menyelesaikan soal ujiannya”, “Momentum perubahan politik sangat tergantung pada kondisi ekonomi negara”.
Besaran-besaran fisika didefinisikan secara khas, sebagai suatu istilah fisika yang memiliki makna tertentu. Terkadang besaran fisika tersebut hanya dapat dimengerti dengan menggunakan bahasa matematik, terkadang dapat diuraikan dengan bahasa sederhana, tetapi selalu terkait dengan pengukuran (baik langsung maupun tidak langsung). Semua besaran fisika harus dapat diukur, atau dikuatifikasikan dalam angka-angka. Sesuatu yang tidak dapat dinyatakan dalam angka-angka bukanlah besaran fisika, dan tidak akan dapat diukur.
Mengukur adalah membandingakan antara dua hal, biasanya salah satunya adalah suatu standar yang menjadi alat ukur. Ketika kita mengukur jarak antara dua titik, kita membandingkan jarak dua titik tersebut dengan jarak suatu standar panjang, misalnya panjang tongkat meteran. Ketika kita mengukur berat suatu benda, kita membandingkan berat benda tadi dengan berat benda standar. Jadi dalam mengukur kita membutuhkan standar sebagai pembanding besar sesuatu yang akan diukur. Standar tadi kemudian biasanya dinyatakan memiliki nilai satu dan dijadian sebagai acuan satuan tertentu. Walau kita dapat sekehendak kita menentukan standar ukur, tetapi tidak ada artinya bila tidak sama di seluruh dunia, karena itu perlu diadakan
suatu standar internasional. Selain itu standar tersebut haruslah praktis dan mudah diproduksi ulang di manapun di dunia ini. sistem standar internasional ini sudah ada, dan sekarang dikenal dengan Sistem Internasional (SI).

Download Teory dan Modul Fisika Dasar dibawah ini:

1. Asistensi Praktikum Fisika Dasar Downloads
2. Modul Praktikum

    a. Fisika Dasar 1
       - Teori Ralat Downloads
       - Pengukuran Downloads
       - Bandul Matematis Downloads
       - Hukum Hooke Downloads
       - Ekspansi Udara Downloads
       - Momen Inersia Downloads
       - Kapasitas Panas Downloads
       - Hukum II Newton ( Air Track) Downloads
       - Gaya Sentrifugal Downloads

    b. Fisika Dasar 2
       - Hukum Ohm Downloads
       - Resistivitas Kawat Downloads
       - Gaya Lorentz Downloads
       - Hukum Lensa Downloads
       - Indek bias Prisma dan Plan paralel Downloads
       - Momen Puntir Downloads
       -  Percobaan Melde ( Gelombang Stasioner ) Downloads
       - Resonansi Bunyi Downloads
3. Buku fisika dapat anda download disini
    


Link Habis diperbaiki tanggal 2 November 2012, jika masih kesulitan download atau link mati laporkan dengan memberi komentar dibawah postingan ini.

1 comments:

  1. thanks, sangat membantu gan, materi buat belajar, mampir juga ke blog ane

    BalasHapus

BLOGGER FISIKA, Jangan lupa tinggalkan jejak bukan kata pertamax. Kritik, saran dan komentar dari postingan blog jogja belajar ini bisa anda masukkan di kolom komentar yang tersedia dibawah ini.