FISIKA

Ditulis oleh: -

Fisika


Fisika merupakan materi yang sulit dipahami dengan belajar biasa, untuk memahami itu butuh alat bantu seperti power point yang berbentuk gambar atau pun animasi dan suara. Dengan alat bantu ini dapat memudahkan siswa untuk memahami konsep-konsep fisika dengan mudah, karena siswa dapat melihat gambaran langsung tentang adanya peristiwa (hukum-hukum) fisika dan dengan begitu siswa akan tertarik dan memikirkan faktor apa yang berpengaruh dan lain-lain.
Pada zaman yang modern ini telah banyak digunakan fasilitas internet yang dapat memberikan informasi kepada yang menggunakannya. oelh karena itu kita sebagai calon guru fisika bisa memberikan informasi atau pengetahuan fisika kepada para penggemar internet terutama para pelajar. Untuk itu materi pembelajaran ini kami buat.

MATERI

1. Pengetahuan dasar Listrik

Asal Mula Listrik Setiap benda terdiri dari bagian-bagian yang sangat kecil, yang disebut molekul. Apabila molekul ini dibagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil, sehingga bagian-bagian kecil ini disebut atom.
Tiap-tiap atom mempunyai satu inti yang disebut proton. Proton mempunyai listrik yang bermuatan positif(+), dan dalam keadaan tidak bergerak(diam). Proton ini dikelilingi oleh satu atau beberapa benda yang sangat kecil, dan benda ini disebut electron.
klik link disini

2. Termodinamika

Di jaman sekarang ini panas / kalor banyak digunakan pada alat alat rumah tangga, seperti strika, penanak nasi, kulkas dan lain-lain. proses perubahan panas / perubahan suhu ini dipelajari dalam termodinamika.
Definisi Termodinamika :
· Ilmu yang mempelajari hubungan antara panas dan usaha (kerja); serta sifat-sifat zat yang mendukung hubungan tersebut.
· Ilmu yang mempelajari energi dan transformasinya
untuk mengetahui lebih jauh lagi dapat dilihat di link dibawah ini
klik disini

3. Gravitasi

Setiap benda yang mempunyai massa dan mempunyai jarak tertentu dengan benda lain akan mempunyai gaya gravitasi. gaya gravitasi dapat menimbulkan gaya tarik menarik antara kedua benda. gaya gravitasi pertama kali ditemukan oleh ilmuwan asal Inggris yang bernama Issac Newton. Menurut cerita, pada suatu hari Newton berjalan-jalan dikebun sambil sambil memikirkan mengapa bulan dapat mengelilingi bumi. Ia melihat buah apel jatuh dari pohon pada saat Ia duduk istirahat di bawah pohon apel. Newton heran dan bertanya dalam hati, mengapa buah apel itu bisa jatuh ke bawah? mengapa tidak jatuh ke atas atau ke samping? ia berpikir dan mengatakan bahwa buah apel ditarik oleh bumi. Jadi ada suatu gaya yang bekerja dari bagian materi yang satu (bumi) kebagian yang lain (apel). Hal ini ia hubungkan dengan gaya tarik yang dilakukan oleh matahari terhadap bintang-bintang yang beredar. kedua hal itu ia anggap sebagai hasil dari suatu hukum alam yang sama, ialah hukum "Gaya tarik umum".
Hukum gaya tarik umum mengatakan bahwa : "dua benda materi selalu saling tarik-menarik. besarnya gaya tarik-menarik berbanding lurus dengan massa kedua benda materi itu dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya". hukum ini juga sering disebut dengan "hukum gravitasi semesta".
klik disini

DOWNLOAD

Download buku Fisika pada link dbawah ini:

Fisika X
Fisika XI
Fisika XII

Sekian paparan tentang fisika semoga bermanfaat..

0 comments "FISIKA", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

BLOGGER FISIKA, Jangan lupa tinggalkan jejak bukan kata pertamax. Kritik, saran dan komentar dari postingan blog jogja belajar ini bisa anda masukkan di kolom komentar yang tersedia dibawah ini.