Mudah belajar Matematika dan Fisika

Pada umumnya siswa menganggap Matematika dan Fisika menjadi mata pelajaran yang paling sulit. Namun, apabila siswa tersebut memahami dan menguasai konsep dasar dari dua pelajaran itu, semua akan menjadi mudah.

Hal tersebut dikemukakan oleh direktur utama LBB SSC intersolusi Yogyakarta, Drs Yana Karyana MSi.

"Sama saja seperti jurus silat, kalau kita menguasai jurus dasarnya, kita bisa mengembangkan jurus baru lagi,"tuturnya saat ditemui Tribun Jogja di kantornya.

Diakui Yana, rumus matematika maupun fisika memang sangat beragam dan banyak pengembangan. Akan tetapi semua memiliki rumus dan konsep dasar. Sementara rumus yang lain hanyalah pengembangan dari konsep dasar tersebut.

"Tidak perlu menghafal, karena semua rumus itu hanya berawal dari rumus-rumus dasar sebelumnya,"tambah pria asal Jawa Barat ini.

Yana mencontohkan rumus turunan dalam Matematika. Untuk rumus dasar, turunan ini hanya memilik 1-2 rumus. Namun dari rumus dasar tersebut juga dapat berkembang menjadi rumus-rumus yang lain. Inilah yang biasanya menjadikan siswa beranggapan rumus tersebut banyak dan sulit.

"Karena itu, sebaiknya siswa benar-benar memahami konsep dasarnya, kalau itu sudah dapat, semua ya tinggal mengikuti saja," ujarnya.

Yana juga mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada trik ataupun cara instan untuk menyelesaikan sebuah soal. Cara paling mudah hanyalah dengan mengembalikan permasalahan dalam soal tersebut pada pola konsep dasarnya. (*)

Sumber: TRIBUNJOGJA.COM

0 comments "Mudah belajar Matematika dan Fisika", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

BLOGGER FISIKA, Jangan lupa tinggalkan jejak bukan kata pertamax. Kritik, saran dan komentar dari postingan blog jogja belajar ini bisa anda masukkan di kolom komentar yang tersedia dibawah ini.